wenyTHEpooh's Blog

UG Membangun Negeri Indonesia

Posted on: May 20, 2011

Oleh: Weny Listianawati

Universitas Gunadarma (http://gunadarma.ac.id) merupakan salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia. Tiga puluh tahun sudah universitas yang lebih sering disebut dengan “UG” ini telah memberikan didikan kepada mahasiswa dan mahasiswi supaya menjadi insan yang berkualitas, professional dan berkompeten. Hal ini tidak dipungkiri dengan banyaknya prestasi yang diraih UG dalam berbagai bidang. Lulusan UG pun telah diakui di berbagai pihak dan kalangan.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Universitas Gunadarma, tak ada salahnya jika kita mengetahui sejarah berdirinya Universitas Gunadarma ini. Asal muasal Universitas Gunadarma bermula pada tahun 1981. Pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI). Pada tahun tersebut, kuliah pertama dimulai dengan 94 mahasiswa. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma. Setahun berlalu, pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok. Beberapa bulan setelah hal tersebut, tepatnya pada tanggal 5 oktober 1985, STKG berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknologi Gunadarma (STMIK Gunadarma) yang mengasuh dua jenjang pendidikan yaitu Program Pendidikan Strata Satu (S1) dan Strata Nol (D3), sedang jurusan yang dimiliki adalah jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Seiring berjalannya waktu Gunadarma berkembang dengan menambah jurusan-jurusan lain yang diakui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu. Jurusan Teknik Informatika muncul pada tahun 1989 diikuti dengan program pasca sarjana. Gunadarma pada akhirnya mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) dengan jurusan Akuntansi dan Manajemen. Setelah empat kali mengalami pergantian nama, akhirnya pada tanggal  3 April 1996 STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996 dengan menaungi enam fakultas yang terakreditasi baik.

UG, banyak orang tahu universitas ini identik dengan jurusan komputernya yang bagus. Namun tidak hanya itu, di jurusan lain pun seperti jurusan ekonomi, psikologi, teknik sipil, sastra Inggris dan kebidanan tidak kalah bagus dengan universitas-universitas ternama lainnya. Hal ini dibuktikan dengan akreditasi semua jurusan di UG yang memegang nilai “A”. Tidak heran bila UG selalu di lirik oleh banyak lulusan siswa SMA yang ingin meneruskan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Kampus Gunadarma yang memiliki tujuh fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra serta D3 Kebidanan tersebar sedikitnya lebih dari 10 kampus di Depok, Jakarta dan Bekasi. Hal ini tak heran karena semakin banyaknya mahasiswa yang ingin berkuliah di Universitas ini. Kampus-kampus tersebut diantaranya adalah:

  • Kampus D yang berada di Jl. Margonda Raya No.100 Pondok Cina, Depok. Telp. 7520981, 7863819, 78881112
  • Kampus E, G dan H yang berlokasi di Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis. Telp. 8719525, 8727541
  • Kampus A yang berada Jl. Kenari No. 1 . 3, Jakarta Pusat. Telp. 31930220, 3193022
  • Kampus B dan C yang ada di Jl. Salemba 53, Jakarta Pusat, Telp. 3906518, 3908568
  • Kampus J yang berdomisili di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi. Telp. 88860116, 88860118. Kampus ini dipecah lagi menjadi kampus J1, J2 dan J3 (Kalimas).

Kampus-kampus UG memiliki fasilitas yang baik untuk mahasiswa dalam pembelajarannya dan telah memiliki Laboratorium lengkap seperti: Laboratorium Komputer, Laboratrium Elektronik Dasar, Laboratorium Fisika, Laboratorium Teknik Informatika, Laboratorium Sistem Informasi, Laboratorium Bahasa dan lain-lain. Laboratorium tersebut digunakan demi meningkatkan praktek mahasiswa.

UG berperan penting dalam membangun negeri dan mencerdaskan kehidupan bangsa diantaranya adalah:

Universitas Gunadarma telah lama bekerja sama dengan universitas-universitas luar negeri untuk membangun lulusan-lulusan yang lebih berkompeten. Universitas tersebut misalnya ialah Universite de Bourgogne Perancis, Universitas Sorbonne, dan The Branch of G.V. Plekhanov Russian University of Economics in Tashkent. Dengan kerjasama ini Universitas Gunadarma dapat mengirimkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk memperdalam program studinya ke luar negeri. Tentu saja dengan beasiswa. Program ini biasanya diperuntukkan untuk program Pasca Sarjana maupun program Sarmag (Sarjana Magister). Program Pasca Sarjana diikuti oleh orang-orang yang telah lulus program S1 dan ingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mendapatkan gelar Magister. Program Sarmag biasanya diperuntukkan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi (masih menyelesaikan kuliah S1-nya) yang ditawarkan pihak kampus untuk bisa menyelesaikan program S1 dan S2 dalam jangka waktu empat tahun. Istilah mudahnya adalah “percepatan”. Tentu saja program ini sangat bermanfaat bagi mahasiwa dan mahasiswi yang ingin menamatkan kuliahnya dengan gelar magister dalam waktu yang singkat namun tetap berkompeten. Selain dapat mengirimkan mahasiswanya ke luar negeri untuk belajar, kerjasama UG dengan beberapa universitas luar negeri ialah mengadakan seminar-seminar dan workshop yang pembicaranya adalah ahli dari universitas luar. Seminar dan workshop ini dapat diikuti mahasiswa, dosen maupun kalangan civitas UG. Mereka bisa bertukar pikiran dengan para ahli tersebut.

UG Mendidik mahasiswa dan mahasiswi menjadi insan yang kompeten, sehingga menciptakan lulusan yang dapat bersaing. Ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan Gunadarma yang dipercaya bekerja di berbagai bidang khususnya tenaga IT profesional. Hal ini merupakan suatu bukti UG ikut serta dalam mencerdaskan bangsa Indonesia dengan mencetak lulusan-lulusan terbaik.

Dosen-dosen Gunadarma yang kompeten juga mendukung membangun mahasiswa dan mahasiswi yang berdaya saing tinggi. Banyak dosen yang bergelar doktor dan berpengalaman baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal tersebut dapat membantu mahasiswa dalam mengeksplore bakat yang ada dalam dirinya sehingga mereka dapat membangun negeri Indonesia ini.

Gunadarma juga telah banyak mencetak prestasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam negeri misalnya, dengan kemenangan lomba-lomba antar kampus se-Indonesia, seperti dalam bidang Robotik, Teknologi Informasi, Komputer, Paduan Suara, Kejurnas Catur dan lain-lain. Di dunia Internasional, Universitas Gunadarma dalam pemeringkatan World Class University versi Webometrics yang dirilis pada 20 Juli 2011 masuk di jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Asia, yakni posisi ke-88. Dan untuk nasional peringkat ke-4 serta untuk perguruan tinggi swasta adalah yang pertama. Dengan demikian Universitas Gunadarma mampu menyaingi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Hal ini juga membuktikan Universitas Gunadarma ikut serta dalam membangun negeri, karena mampu mengangkat nama Indonesia di kancah Internasional.

Lomba-lomba berbasis IT yang dibangun pun tidak hanya di luar lingkungan UG, namun UG juga banyak membuat lomba-lomba berbasis IT di dalam lingkungan kampus. Hal ini untuk memacu para mahasiswa dalam berkompetisi dan menemukan sesuatu yang baru. Karena telah kita ketahui, dunia IT selalu bergerak bebas dan cepat. Sekali kita tertinggal dengan waktu yang hanya sebentar saja, kita pun akan kehilangan teknologi yang up to date. Lomba-lomba yang diselenggarakan misalnya saja, KOMPRES (Kompetisi ) yang rutin diadakan setiap tahun oleh Laboratorium Teknik Informatika Universitas Gunadarma dan USB () yang diselenggarakan oleh Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma.

Gunadarma sebagai kampus berbasis IT (Information Technology) telah banyak membuat software-software untuk pembelajaran mahasiswa dan mahasiswi di dalamnya. Hal ini mengembangkan dunia IT di Indonesia juga, sehingga Indonesia tidak keterbelakangan dalam teknologi Internasional yang semakin kompleks.

Dengan pengukuhan Gunadarma sebagai kampus berbasis IT, maka Internet juga tak terpisahkan sebagai media dalam pembelajaran dan aktivitas di UG. Hal ini dapat dilihat dari adanya situs http://studentsite.gunadarma.ac.id yang diperuntukkan bagi para mahasiswa UG dalam mengetahui info-info terbaru dari UG. Setiap staff dan dosen UG juga memiliki akun pada http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk proses belajar-mengajar. Seorang staff atau dosen dapat membuat home page masing-masing. Home page tersebut bisa dimanfaatkan dosen untuk memberikan bahan pelajaran secara lebih efisien. Home page itu pun juga dapat digunakan mahasiswa sebagai ajang komunikasi dengan pengajarnya.selain itu terdapat pula fasilitas v-class (Virtual Class). Dengan adanya v-class ini dosen pengajar dan mahasiswa dapat melakukan proses belajar-mengajar melalui internet tanpa perlu bertatapan secara langsung.

Selain itu, Gunadarma juga telah banyak menerima dan menyelesaikan proyek-proyek perusahaan pemerintah maupun swasta di bidang IT. Hal ini membantu pemerintah dalam membangun teknologi di negeri ini.

Universitas Gunadarma sesuai dengan misinya yaitu: “Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, kompeten, dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional dalam setiap aspek kehidupan manusia” telah banyak berkontribusi dalam pembangunan negeri Indonesia baik di bidang pendidikan maupun teknologi. Universitas ini telah banyak melahirkan lulusan-lulusan muda yang berkompeten yang mampu bersaing dan bekerja untuk membangun negara dan bangsa. Universitas ini juga telah banyak membantu dalam pembangunan teknologi di Indonesia yang semakin lama semakin kompleks. semoga di umur UG yang telah mencapai angka 30 tahun ini, kedepannya UG dapat menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional, sesuai dengan visi UG. Dan yang terpenting adalah Universitas Gunadarma dapat terus membangun negeri Indonesia ini. Amiiinnn..🙂

Jaya terus UG.. Happy Anniversary 30 th UG..🙂

2 Responses to "UG Membangun Negeri Indonesia"

Hmmmm….
Metang2 anak gundar..
Salam kenal sis..
Dari anak SI angkatan ’08

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: