wenyTHEpooh's Blog

Pengenalan Java 2 Micro Edition (J2ME)

Posted on: March 10, 2011

 

J2ME (Java 2 Micro Edition) adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat, maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang

lainnya.

J2ME ini merupakan sebuah kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut dengan Java API (Application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didesain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan di atas alat (dalam hal ini mobile device).

Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan, terutama jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangat tergantung pada perangkat (device) yang digunakan, bisa dari segi merk ponsel, maupun kemampuan ponsel, dan dukungannya terhadap teknologi J2ME. Misalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera, maka jelas J2ME pada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera. Keterbatasan lainnya adalah pada ukuran aplikasi, karena memori ponsel sangat terbatas.

J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki oleh J2SE. J2ME sendiri pada dasarnya terdiri dari tiga buah bagian, yaitu : konfigurasi, profil, dan paket-paket opsional, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

 

 

Bagian-bagian di dalam platform J2ME

 

 

Siklus Hidup Aplikasi J2ME


AMS (Application Management Software) merupakan lingkungan tempat sebuah MIDlet dapat di-install, dijalankan, dihentikan maupun di-uninstall. AMS juga kadang disebut dengan nama JAM (Java Application Manager). AMS akan membuat setiap instance baru dari MIDlet dapat mengontrol keadaannya, yaitu dengan cara menjalankan (start), mengistirahatkan (pause) maupun menghentikannya (destroy) secara langsung oleh dirinya sendiri.

MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi-aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan J2ME dengan profil Mobile Information Device Profile (MIDP). MIDP dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan CPU, memori, keyboard dan layar yang terbatas, misalnya pada handphone, pager, PDA dan sebagainya.

MIDlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari kelas javac.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP.

Applet adalah aplikasi Java yang berjalan pada internet yang bersifat client side atau Servlet yang bersifat server side. Sedangkan untuk aplikasi pada paket J2ME diberi nama MIDlet.

Dalam aplikasi J2ME, terdapat tiga buah method yang harus diimplementasi oleh setiap MIDlet. Dengan kata lain, setiap MIDlet yang dibuat harus memiliki ketiga buah method tersebut, yaitu: startApp ( ), pauseApp ( ), destroyApp ( ).

Setiap MIDlet dapat berada dalam salah satu keadaan (state) berikut : Paused, Active, maupun Destroyed. Berikut ini gambar yang akan mengilustrasikan ketiga buah keadaan tersebut dan pada saat kapan MIDlet akan berada dalam keadaan tertentu.

 

Siklus hidup MIDlet

 

Tampak pada gambar di atas bahwa pada saat pembuatan MIDlet baru, mula-mula MIDlet akan berada dalam keadaan Paused. Apabila proses pembuatan MIDlet gagal atau mengakibatkan kesalahan (menimbulkan eksepsi), maka MIDlet akan langsung berada dalam keadaan Destroyed. Namun apabila proses pembuatan MIDlet berjalan dengan baik, maka setelah MIDlet dijalankan, maka AMS secara otomatis akan mengeksekusi method startApp ( ) dan hal ini akan mengubah MIDlet untuk berada dalam keadaan Active. MIDlet yang berada dalam keadaan Active dapat diubah kembali menjadi keadaan Paused melalui pemanggilan method PauseApp ( ) atau diubah menjadi keadaan Destroyed melalui pemanggilan method destroyApp ( ). Sebagai contoh, pada saat MIDlet dijalankan dan kemudian dihentikan oleh user, maka MIDlet akan mengalami perubahan keadaan, yaitu dari Active menjadi Destroyed.

 

Sumber: Raharjo, Budi dkk. 2007.Tuntunan Pemrograman Java Untuk Handphone. Bandung: Informatika.

 

2 Responses to "Pengenalan Java 2 Micro Edition (J2ME)"

ada contoh progam menggunakan j2me gak?
mau belajar j2me nich

aku udah beli bukunya 3 tahun yang lalu… Mantap Lah… meskipun aku belajarnya terseok seok…
pak budi raharjo harus belajar menulis kepada Prof. Boediono (Wapres) agar tulisannya lebih merakyat.. (mudah di cerna)
Prof. Boedi is the best Lah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: