wenyTHEpooh's Blog

Sekilas Tentang Java

Posted on: February 20, 2011

Java adalah bahasa pemrograman yang disusun oleh James Gosling yang dibantu oleh rekan-rekannya di suatu perusahaan perangkat lunak yang bernama Sun Microsystems, pada tahun 1991. Bahasa pemrograman ini mula-mula diinisialisasi dengan nama “Oak”, namun pada tahun 1995 diganti namanya menjadi “Java”.

Menurut definisi Sun, Java adalah nama sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu bahasa Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada system operasi tersebut terdapat JVM.

Alasan utama pembentukan bahasa Java adalah untuk membuat aplikasiaplikasi yang dapat diletakkan di berbagai macam perangkat elektronik, sehingga Java harus bersifat platform independent (tidak bergantung pada platform). Itulah yang menyebabkan dalam dunia pemrograman Java dikenal adanya istilah ‘write once, run everywhere’, yang berarti kode program hanya ditulis sekali, namun dapat dijalankan di bawah platform manapun, tanpa harus melakukan perubahan kode program.

 

Arsitektur Java

Secara arsitektur, Java tidak berubah sedikitpun sejak awal mula bahasa tersebut dirilis. Compiler Java (yang disebut dengan javac atau Java Compiler) akan mentransformasikan kode-kode dalam bahasa Java ke dalam suatu bytecode. Dimana bytecode adalah sekumpulan perintah hasil kompilasi yang kemudian dapat dieksekusi melalui sebuah mesin komputer abstrak, yang disebut dengan JVM (Java Virtual Machine). JVM juga sering dinamakan sebagai interpreter, karena sifatnya yang selalu menerjemahkan kode-kode yang tersimpan dalam bytecode dengan cara baris demi baris.

Untuk menjalankan program Java, maka file dengan ekstensi .java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Dimana untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.

 

Java 2

Sun Microsystems telah mendefinisikan tiga buah edisi dari Java 2, yaitu sebagai berikut :

Java 2 Standard Edition (J2SE), adalah inti dari bahasa pemrograman Java. JDK merupakan salah satu tool dari J2SE untuk mengkompilasi dan menjalankan program Java. Di dalamnya terdapat tool untuk mengkompilasi program Java dan JRE. J2SE ini digunakan pada perangkat keras seperti komputer desktop.

Java 2 Enterprise Edition (J2EE), merupakan superset dari J2SE yang memperbolehkan kita untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berskala besar (enterprise) karena dijalankan pada jaringan komputer.

Java 2 Micro Edition (J2ME), merupakan subset dari J2SE yang digunakan untuk menangani pemrograman di dalam perangkat-perangkat kecil, yang tidak memungkinkan untuk mendukung implementasi J2SE secara penuh. Paket J2ME digunakan pada perangkat yang memiliki memory kecil seperti ponsel, pager atau PDA.

 

Kategori Implementasi Teknologi Java

 

Gambar di atas memberikan gambaran mengenai berbagai kategori implementasi teknologi java pada beragam platform, mulai dari kategori implementasi java pada  smart card, kategori implementasi pada perangkat dengan kemampuan memori dan koneksi yang terbatas seperti telepon selular, kategori implementasi java pada komputer desktop, hingga kategori implementasi java pada komputer setingkat server.


Masing-masing kategori di atas mengimplementasikan Java Virtual Machine (JVM) yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh platform yang menjadi  tempat aplikasi tersebut diimplementasikan.

Seperti aplikasi Java lainnya yang menggunakan JVM (Java Virtual Machine), J2ME juga menggunakan virtual machine yang disebut K Virtual machine. K Virtual Machine adalah mesin virtual dengan konsumsi memori yang sangat kecil. Huruf  K pada kata K Virtual Machine adalah singkatan dari kilobyte, untuk menggambarkan bahwa virtual machine ini bekerja pada kisaran memori yang sedemikian kecil.

 

Sumber: Shalahuddin M dan Rosa A.S. 2008. Pemrograman J2ME Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile. Bandung: Informatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: