wenyTHEpooh's Blog

Kisah Sang Pencari Getah Damar

Posted on: January 28, 2011

 

Pencari Getah Damar

 

Di daerah Lampung Barat, tepatnya di Desa Krui, banyak terdapat perkebunan Damar. Damar adalah salah satu komoditi terbesar di daerah Lampung, bahkan terbesar di Indonesia. Pohon damar dapat dimanfaatkan kayu dan getahnya. Getahnya digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi berbagai produk seperti pernis, cat, tinta, kemenyan dan kosmetik. Getah ini juga banyak diekspor ke mancanegara seperti Bangladesh, India, Italia, Pakistan dan Arab Saudi.


Penduduk di desa Krui rata-rata bekerja sebagai petani damar. Mereka mencari getah damar dengan memanjat pohonnya. Padahal yang kita ketahui, pohon damar sangatlah tinggi, sekitar 10 meter lebih. Pekerjaan ini juga tak hanya digeluti para lelaki, tetapi juga kaum wanita. Untuk memanjat pohon damar, mereka menggunakan rotan kayu yang diikiat kepohon dan badannya. Lubang-lubang yang ada di pohon damar digunakan untuk pijakan mereka naik ke puncak pohon. Untuk mencari getah, mereka mengorek pohon damar dengan bentuk segitiga-segitiga kecil. Korekan-korekan ini akan memunculkan getah, namun mereka diharuskan menunggu setidaknya dua minggu, supaya getah tersebut kering. Untuk hasil yang bagus, seharusnya mereka menunggu selama sebulan. Namun, dikarenakan kondisi cuaca ataupun mereka takut hasil panen mereka dimaling orang lain, mereka biasanya mengambil setelah dua minggu pengeringan.

 

Komoditi getah damar (khususnya getah damar mata kucing), semakin lama semakin turun. Pada tahun 1998 harganya bisa mencapai Rp 8000/kg, jauh lebih besar dari harga beras pada saat itu. Namun saat ini harga getah damar jauh menurun, yaitu sekitar Rp 6000/kg dan tidak jauh berbeda dengan harga beras. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan para petani damar. Jeripayah mereka yang bisa dibilang penuh resiko hanya dihargai dengan rupiah yang nominalnya kecil.

 

Contohnya seorang ibu (saya lupa namanya siapa, waktu dulu pernah liat ceritanya di tv J) yang tiap hari menggantungkan hidupnya mencari getah damar. Pekerjaan ini sangat beresiko dan tidak jarang ibu ini terjatuh dari pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 10 meter.

“malahan waktu saya jatuh itu, saya sedang hamil, untungnya janin saya kuat, jadi tidak apa-apa”. Ujar ibu itu.


Ya ampuunn.. jatuh dari ketinggian 10 meter dengan kondisi hamil. Memang jagoan si ibu..😀. Tapi ibu ini sekarang sudah renta.. umurnya mungkin sudah 50-an.. namun masih tetap mencari rezeki dengan mencari getah damar. (saya sangat terharu melihatnya.. kasian sekali.. rasanya pengen bantu ibu itu..😦 ). Belum lagi harga getah yang semakin menurun, menyebabkan si ibu jadi makin sulit. Sehari hanya dapat Rp 20.000.

Saat ditanya “apakah cukup untuk kehidupan sehari-hari?”

“Ya… harus dicukup-cukup kan,, harus bagaimana lagi..” ucap si ibu.

Ibu..ibu.. semoga Allah selalu memberkahimu.. Amiinn Ya Rabbal Alamin..🙂

 

Pencari getah tidak hanya beresiko luka-luka akibat jatuh, namun juga resiko maut. Apalagi ditambah para pencari getah ada yang berusia renta. Misalnya saja seorang kakek (saya juga lupa namanya.. heheee… maklum,, liat di tv) yang terjatuh dari pohon damar karena tali ikatan rotan yang menghubungkan badannya dengan sang pohon terlepas. Akhirnya sang kakek itu meninggal.😦

 

Rakyat kecil seperti mereka hanya bisa menggantungkan hidupnya dengan pohon damar. Tetapi belakangan ini, orang-orang yang tak bertanggung jawab banyak yang melakukan illegal logging. Malahan sehari bisa 100 pohon damar ditebang dengan leluasa. Apa si yang diharapkan dari para penebang liar itu?? Hanya mau uang? Tanpa memperhitungkan nasib para petani dan juga negara Indonesia sekalipun.. pohon itu adalah jantung dunia.. semakin banyak di tebang, maka jantung dunia pun akan semakin cepat berhenti. Nah.. kalau Allah sudah menghendaki demikian, manusia bisa apa?? Tinggal dosanya yang harus dipertanggung jawabkan.

 

Ya Allah.. berikanlah keberkahan dan kemakmuran bagi rakyat dan tanah Indonesia ini.. semoga tak ada lagi kisah menderita dari para sang pencari getah damar… Amiiinn Ya Rabbal Alamin..🙂

2 Responses to "Kisah Sang Pencari Getah Damar"

Cerita yg menarik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: