wenyTHEpooh's Blog

Peranan TI dalam Menumbuhkan Bisnis Online di Indonesia

Posted on: January 27, 2011

 

Bisnis Online

 

Teknologi Informasi atau yang biasa disebut TI telah banyak berperan penting dalam berbagai bidang yang ada di dunia ini. Bidang-bidang tersebut diantaranya adalah bidang komunikasi, kedokteran, perekonomian dan lain-lain. Pada bidang komunikasi, dengan adanya teknologi Informasi, terciptalah alat komunikasi, telepon, fax dan internet. Manusia dan manusia yang lainnya dapat berkomunikasi walaupun jauhnya jarak yang memisahkan. Pada bidang kedokteran, banyak tercipta teknologi-teknologi canggih untuk penyembuhan dan pengobatan pasien. Sedangkan pada bidang perekonomian, semakin berkembangnya bisnis-bisnis onlie yang terjadi di layanan internet.

 

Nahh.. tentu kita sudah tidak asing dengan istilah bisnis online di internet. Kita sering menjumpai iklan-iklannya di beberapa blog, website maupun situs jejaring sosial seperti facebook. Bisnis online yang banyak merebak ini tak terlepas dari adanya pengaruh dan peranan TI. Jika tidak ada TI, maka tidak ada internet dan jika tidak ada internet, maka bagaimana seseorang dapat berbisnis online??😀

Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisinis online di Indonesia diantaranya adalah:

  • TI yang dapat memudahkan penyebaran informasi mampu mengembangkan bisnis online ke berbagai wilayah di dunia. Lihat saja seperti e-commerce yang digeluti oleh perusahaan penjual buku, musik, video, permainan dan barang elektronik seperti Amazon (www.amazon.com). Sekarang perusahaan tersebut telah sukses besar dengan konsep penjualan online-nya ke seluruh dunia.
  • Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis online di internet. Dengan banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem. Bisnis online tadinya sangat rentan dengan penyadapan kartu kredit yang menyebabkan ketidaktertarikan konsumen terhadap bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan sistem, maka kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.
  • Bisnis online banyak digemari karena flexibilitasnya. Seseorang tidak harus berada di tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer dan konektifitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara. Pembeli pun tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena dengan hanya membeli secara online, barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.
  • Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau akibat kemajuan TI di Indonesia juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online.

 

Bisnis onlie yang sudah terdapat di Indonesia ada berbagai macam merk dan produk. Misalnya, baju, aksesoris, boneka, cd dan kaset, alat-alat elektronik, dan keperluan rumah tangga.

Teknologi Informasi telah berpengaruh dan berperan aktif dalam perkembangan bisnis online di Indonesia. Hal ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian negeri ini.

Semoga hal ini terus berlangsung dan TI dapat terus membantu perkembangan bisnis online.🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: