wenyTHEpooh's Blog

Dampak Euphoria Piala AFF untuk perekonomian di bidang IT Indonesia

Posted on: January 27, 2011

Masih ingatkah tampang-tampang ini?


Irfan Bachdim (Indonesia)

Younghusband Bersaudara (Philiphine)

 

Siapakah yang anda suka?? Seberapapun tampang yang berbaju biru, tetap belain yang berbaju merah donk.. heheee…😀

 

Mungkin masih teringat jelas di benak kita piala AFF 2010 yang berlangsung belum lama ini. Ajang pertandingan sepak bola antar negara se-ASEAN ini memang telah banyak merebut antusiasme masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Setelah sekian lama Timnas persepakbolaan Indonesia tertidur dari kejayaannya, mereka bangun dengan tombak semangat yang luar biasa.

 

Semangat tersebut ditunjukkan dengan selalu menangnya Indonesia di babak penyisihan dan semifinal di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Tak tanggung-tanggung, Indonesiapun menang telak dengan beberapa negara seperti Malaysia dan Laos pada babak penyisihan. Ini menyebabkan Indonesia menjadi juara group. Negara yang biasanya memenangkan piala AFF pun seperti Thailand, berhasil ditaklukan Indonesia. Begitupun Filiphina yang Timnasnya sebagian besar diisi para pemain naturalisasi, tak menjadi halangan bagi Indonesia untuk mengalahkannya.

Kemenangan demi kemenangan bagi Tim Nasional Indonesia ini menimbulkan dampak Ephoria yang luar biasa bagi rakyat Indonesia di seluruh negeri bahkan yang sedang merantau di negeri orang sekalipun. Teriakan dan nyayian “Garuda di Dadaku” pun tak asing lagi di telinga kita. Indonesia bersatu dan bersemangat mendukung Timnas!😀

 

Timnas yang tadinya “jarang” dilirik juga menjadi sangat tenar dan tersohor. Apalagi yang mempunyai tampang unik dan ashik, kriukk..kriukk.. (emang kerupuk! Hahaa.. :D). Pemain-pemain yang banyak digandrungi tersebut tak jauh dari tampang Indo seperti Irfan Bachdim atau pemain naturalisasi seperti Christian Gonzales. Tapi pemain pribumi pun ga jauh tenarnya ko,, misalnya kaya Firman Utina yang menjadi kapten Timnas, Okto yang larinya secepat kilat, ataupun Bambang Pamungkas yang tetep masih jadi Idola.😀

 

Eforia yang luar biasa tersebut berdampak pada berbagai bidang di Indonesia.  Khususnya pada perekonomian Indonesia dalam bidang Informatika. Beberapa dampak yang secara nyata terlihat diantaranya adalah:

  • Semakin banyaknya informasi mengenai persepakbolaan Indonesia di blog dan website-website di Internet. Sehingga seseorang yang ingin mengetahui perkembangan persepakbolaan tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi.
  • Karena persepakbolaan Indonesia sedang booming, maka blog atau website yang memiliki informasi tentang persepakbolaan Indonesia pun digandrungi iklan-iklan baris. Hal ini pun meningkatkan pendapatan dari si pemilik blog atau website di Indonesia.
  • Terbentuknya layanan pembelian tiket online, sehingga meningkatkan pendapatan penjualan tiket pertandingan sepak bola AFF.
  • Dengan semakin berkembangnya informasi persepakbolaan AFF yang dilangsungkan di Indonesia, otomatis para pencari informasi yang berada di luar negeri pun mengenal Indonesia. Hal ini meningkatkan devisa negara jika para pencari berita tersebut ingin berkunjung ke Indonesia.
  • Para supporter dari negara-negara pengikut AFF selain Indonesia, berbondong-bondong pergi ke Indonesia untuk mendukung Timnas kesayangannya. Hal ini juga meningkatkan pendapatan negara.

 

Nahhh.. itulah sekelumit dampak eforia piala AFF bagi perekonomian pada bidang Informatika di Indonesia.


 

Yaa.. walaupun memang Indonesia belum diberi kesempatan untuk menjadi juara I Piala AFF tahun 2010, namun Indonesia tetap bangga karena kalah dengan terhormat dan supportif. Suatu kekalahan bukanlah akhir dari segalanya, namun adalah kemenangan yang tertunda. Dan kekalahan itu adalah kunci untuk bangkit dan maju, bersemangat untuk membela negeri. So.. saya tetap Cinta TIMNAS!!😀

 

 

“Garuda di Dadaku”

 

Garuda di Dadaku…

Garuda keBANGGAanku..

Ku yakin hari ini pasti menang..!!

Kobarkan semangatmu..

Tunjukan sportifitasmu..

Ku yakin hari ini pasti menang..!!

 

Maju terus persepakbolaan Indonesia!!

I love Indonesia.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: