wenyTHEpooh's Blog

Bawang Merah Ga Selalu Jahat ko..

Posted on: January 26, 2011

 

Bawang Merah

 

Bawang merah.. identik dengan bau dan perih dimata. Klo di cerita legenda, bawang merah selalu yang jadi jahat dan bawang putih yang jadi baik. Tapi.. Taukah kalian bawang merah memiliki banyak khasiat untuk pengobatan tubuh?? Jadi bawang merah juga ga selalu jahat ko… heheee…😀

Dulu waktu gw balita,, gw suka bingung, kenapa klo gw abis digigit nyamuk terus bentol, nyokap gw langsung buru-buru ngambil bawang merah yang diiris terus diolesin deh ke kulit gw.. kata mama c.. supaya bentolnya cepet ilang. Gw kirain tu cuma mitos aja dari kakek buyut nini gw.. heee…  tapi ternyata.. bawang merah memang beneran mengandung suatu unsur yang bisa mengobati berbagai penyakit termasuk mengobati gigitan nyamuk..😀

Bawang merah termasuk ke dalam golongan umbi lapis. Kalau kita telaah, kandungan bawang merah terdiri dari serat-serat seluloza yang kaya akan minyak sulfat yang mudah menguap. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat-zat karbohidrat, asam fosfat, vitamin B dan C. Susunannya sebagai berikut: 8,86% air, 1,3% protein, 1% lemak, 10,3% karbohidrat dan unsur-unsur lain seperti dari fosfor, kalsium dan besi. Pada setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori.

Beberapa khasiat Bawang Merah adalah:

  1. Beberapa peneliti, telah membuktikan bahwa bawang merah dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga bawang merah dapat digunakan untuk penderita kencing manis.
  2. Bawang merah juga berkhasiat untuk mengobati penyakit batuk, haid tidak teratur, obat cacing, demam pada anak-anak (obat luar) dan perut kembung pada anak-anak.
  3. Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.
  4. Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.
  5. Bila bawang merah dikunyah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  6. Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.
  7. Potongan-potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan-potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.
  8. Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.
  9. Menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab baunya sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.

Hmmm… ada satu lagi ni,, sambel tanpa bawang merah juga rasanya ga enak.. heee.. :p

Jadi, terbukti kan bawang merah memang memiliki berbagai manfaat?? so.. jangan benci bawang merah ya..😀

Tapi juga jangan terlalu kebanyakan makan bawang merah, kata orang-orang c bisa menyebabkan bau badan.. heheee.. makanlah dengan seimbang.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: