wenyTHEpooh's Blog

Bencana Alam tak Menyulutkan Niat Obama Singgah di Indonesia

Posted on: December 1, 2010

 

Meletusnya Gunung Merapi

Beberapa pekan lalu, Indonesia ditimpa musibah bencana alam yaitu meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta. Salah satu gunung  teraktif di dunia ini memuntahkan lahar panasnya dan mengeluarkan awan panas (wedus gembel) hingga puluhan kilometer. Masyarakat pun mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Venomena bencana tersebut tak menyulutkan rencana Presiden Amerika Serikat, Barack Obama untuk datang ke Indonesia. Datangnya Presiden Obama menjadi suatu penghibur bagi rakyat Indonesia yang sedang menangis karena beberapa musibah bencana yang terjadi secara beruntun di Tanah air tercinta ini. Bencana banjir bandang di Wasior, Papua, lalu bencana Tsunami yang terjadi di Kep. Mentawai dan bencana meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta.

 

 

Kedatangan Presiden Obama


Presiden berkulit hitam pertama di Amerika ini memang punya kedekatan khusus dengan Negeri kita. Obama kecil pernah tinggal di Indonesia dan bersekolah di SD yang bertempat di Menteng. Ibu Obama yang telah bercerai, menikah dengan orang Indonesia bernama Lulu Soetowo. Ibu Obama dan Obama sendiri akhirnya pindah ke Indonesia dan tinggal di daerah Menteng Dalam.


Saat Presiden Obama “pulang kampung” ke negara yang pernah ia tinggali semasa kecil, rakyat Indonesia pun menyambut gembira. Beberapa persiapan yang sepertinya memang sangat “Wawww…” disiapkan. Hal tersebut tidak heran karena Presiden dari Negara adikuasa sangat dilindungi. Presiden yang mempunyai nama lengkap Barack Husein Obama ini tak melupakan Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan ia berbicara Bahasa Indonesia beberapa kali. Inilah yang membuatnya berkesan dihati rakyat Indonesia.

Kunjungan Presiden USA ini adalah membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika pada bidang perdagangan dan pendidikan. Peningkatan pada bidang perdagangan pastinya akan meningkatkan pula perekonomian Indonesia. Beberapa barang hasil karya Indonesia akan diekspor ke negara adidaya tersebut. Selain itu Presiden Obama juga menginginkan semakin banyaknya program pertukaran pelajar antara pelajar Indonesia dan Amerika. Tentu ini akan menjadi pijakan bagus dalam peningkatan dunia pendidikan di Indonesia.

Bencana yang menimpa Indonesia beberapa pekan yang lalu memang membuat beberapa saham menjadi turun di pasar saham. Tak hanya itu, meletusnya gunung Merapi juga telah menelan kerugian yang cukup besar, seperti tanah pertanian yang terbengkalai serta banyaknya hewan ternak yang mati. Petani dan peternak tak bisa memanen jerih payahnya. Bisnis di daerah Magelang dan sekitar Yogyakarta pun mati sesaat karena tertutup abu vulkanik yang tebal. Beberapa penerbangan dari dalam dan luar negeri pun banyak yang dibatalkan akibat abu tebal yang mengganggu proses penerbangan.

Dengan adanya kunjungan Presiden Amerika ini pasar saham menjadi naik, walaupun tak begitu signifikan. Tapi hal tersebut cukup membantu disaat Indonesia sedang berduka. Peluang perekonomian Indonesia untuk maju juga semakin terbuka lebar dengan terciptanya hubungan bilateral yang baik antara dua negara.🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: