wenyTHEpooh's Blog

Apa sih SNB itu??

Posted on: November 1, 2010

 

Social Network Business

Apa sih SNB itu?? SNB kependekan dari Social Network Business. Dalam bahasa Indonesia adalah bisnis jaringan sosial. Nah.. bisnis jaringan sosial yang dimaksud disini berkaitan dengan dengan layanan jaringan sosial berbasis web dan internet. Biasanya kita dengar dengan istilah “Jejaring Sosial”.

Saat kita mendengar layanan jaringan sosial yang ada di internet, pastilah langsung terpikir tentang “Facebook”, “Twitter” atau “Friendster”.. dan masih banyak lagi.. Ya.. semua itu memang salah satu jenis layanan jejaring sosial yang sangat terkenal di dunia maya.

Situs jejaring sosial sebenarnya adalah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang. Di dalam situs tersebut kita dapat memperkenalkan diri kita (profile), mencari teman-teman, mengupload foto-foto, dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas lainnya, tergantung dari situs jejaring yang kita ikuti. Bahkan seperti situs jejaring facebook sudah ada fasilitas game untuk para gamers  ataupun bar-bar untuk menaruh iklan bagi para pembisnis.

Situs jejaring sosial di internet bermula pada tahun 1994 dengan terbentuknya komunitas online umum seperti Theglobe.com dan Geocities. Pada tahun 1995 muncul lagi situs jejaring sosial yang serupa yaitu Tripod.com. Pengguna pada situs-situs jejaring ini menggunakan tools-tools interaksi dengan orang lain melalui chat room. Mereka juga lebih senang berbagi informasi pribadi dan ide-ide melalui halaman web pribadi dengan menyediakan publishing tools yang mudah digunakan. Pada akhir 1990-an, profil pengguna menjadi fitur utama dari situs jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk menyusun daftar “teman” dan mencari pengguna lain dengan minat yang sama.

Situs jejaring sosial mulai meningkatkan fitur-fiturnya pada akhir tahun 1990-an. Generasi baru situs jejaring sosial mulai berkembang dengan munculnya Friendster pada tahun 2002 , dan segera menjadi bagian dari mainstream Internet. Friendster diikuti oleh MySpace dan LinkedIn setahun kemudian, dan akhirnya, Bebo . Hal ini membuktikan peningkatan pesat dalam ‘popularitas situs jejaring sosial, pada tahun 2005. Lalu Facebook diluncurkan pada tahun 2004 yang menjadi situs jaringan sosial terbesar di dunia. Twitter yang mulai beraksi pada tahun. Contoh-contoh jejaring sosial lainnya adalah:

  • Nexopia yang banyak digunakan di Kanada
  • Hi5 dan Hyves yang digunakan di Belanda
  • StudiVZ di Jerman
  • iWiW di Hungaria
  • Tuenti kebanyakan digunakan di Spanyol
  • Nasza-Klasa di Polandia
  • Decayenne , Tagged , XING ,Badoo dan Skyrock di beberapa bagian Eropa
  • Orkut dan Hi5 di Amerika Selatan , India dan Amerika Tengah
  • Mixi , Multiply , Orkut , celaka , RenRen dan Cyworld di Asia dan Kepulauan Pasifik dan India.

 

Serta masih banyak situs-situs jejaring sosial yang lainnya.. bahkan diperkirakan bahwa sekarang ada lebih dari 200 situs aktif menggunakan berbagai model jejaring sosial.

Bisnis membangun situs jejaring sosial memang sangat menjamin. Seperti contohnya “Facebook” yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. Pada tahun 2008, Forbes menobatkan dia sebagai orang terkaya ke 321 di amerika serikat. Total kekayaan dia sekitar 1,5 bilion dollar. Dia adalah orang termuda yg pernah masuk ke Forbes 400. Bagaimana dengan anda,, mau coba juga untuk membuat situs jejaring sosial??🙂

Situs jejaring sosial sendiri mempunyai banyak dampak, baik dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya seperti:

  • Banyak orang-orang yang dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung sehingga lebih efisien dan praktis.
  • Para pembisnis dapat mencantumkan iklan produknya di bar-bar pada situs jejaring sosial sehingga dapat menghemat berbagai sumber daya.
  • Para pengguna situs jejaring sosial dapat terhibur dengan adanya fitur-fitur yang terdapat dalam situs jejaring sosial, seperti games dan lainnya.
  • Bagi para pengguna yang suka “narsist” juga disediakan fasilitas untuk mengupload foto dan video agar dapat dilihat oleh orang lain.. hehe..🙂

 

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif dari penggunaan situs jejaring sosial ini, seperti penipuan, penculikan dan lain sebagainya akibat penyalahgunaan dari situs jejaring sosial ini. Orang-orangpun semakin malas untuk keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Bahkan ada orang-orang yang bisa melupakan pekerjaannya akibat terlalu sering menggunakan situs jejaring sosial. Selain itu, masalah-masalah prifasi seseorang dapat terekspose dengan mudah yang dapat mengakibatkan pergunjingan antar sesama.

Sekian dan terimakasih.. semoga artikel ini dapat membantu anda memahami SNB (Social Network Business) dan hal-hal mengenai situs jejaring sosial..

 

Created by: weny-awen ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: