wenyTHEpooh's Blog

Teknologi Keamanan Komputer

Posted on: June 20, 2010

Keamanan Komputer

Dalam penggunaan jaringan komputer, pengguna komputer mungkin selalu khawatir akan terjadinya pengaksesan komputernya oleh pihak yang tidak berwenang, seperti hacker dan cracker. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena seiring berjalannya teknologi hacking dan cracking, teknologi keamanan komputer juga berkembang pesat.

Keamanan komputer dapat anda lakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

1. Gunakan AntiVirus

Anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Antivirus yang baik memiliki ketahanan firewall yang kokoh dan biasanya antivirus ini berbayar. Namun, Jika tidak punya duit jangan gunakan antivirus bajakan. Gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

2. UPDATE

Bagi yang sering menggunakan internet, jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan.

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

Tapi jika anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.

Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya, harus tetap diSCAN pakai anti virus.  Contohnya setelah anda mendownload lagu atau apapun itu, apa anda yakin file tersebut bebas dari virus. Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer, lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”.

6. Baca terus Artikel keamanan komputer

Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini😀

Namun, semakin terjaganya komputer, semakin pengguna repot dengan komputernya. Hal ini disebabkan autorisasi yang semakin meningkat, sehingga merepotkan pengguna itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: