wenyTHEpooh's Blog

Game Pasangan Gambar

Posted on: April 29, 2010


Game Pasangan Gambar Untuk Anak Usia Dini


Game dektop diatas merupakan game Pasangan Gambar. Game yang berguna untuk mengasah otak ini memang sangat sederhana. Oleh karena itu game ini ditujukkan untuk anak usia dini sekitar 3-5 tahun. Dengan game ini diharapkan daya tangkap dan daya pikir mereka bisa terlatih. Game ini juga menggunakan gambar-gambar yang lucu dan unik sehingga sangat cocok untuk permainan anak-anak. Orang tua dapat dengan mudah mengajarkan anak-anaknya tentang permainan ini, karena cara bermainnya pun dirancang dengan mudah. Anak-anak pun dapat bermain sambil belajar dengan adanya permainan game ini.

Cara Bermain Game Pasangan Gambar:

  • Buka file permainan Pasangan Gambar. Game ini tidak harus diinstall pada komputer, alias game portble. Jadi, jika ingin memainkannya user hanya tinggal meng-klik file game ini.
  • Jika file game ini telah terbuka, akan terdapat dua pilihan yaitu main dan keluar. Jika user meng-klik main, maka user akan memainkan game ini, namun jika user meng-klik keluar, user akan keluar dari permainan game ini.
  • Jika user telah masuk kedalam permainan, untuk memulainya, user dapat menekan tombol “acak” agar kotak-kotak yang mulanya kosong diisi dengan 4 macam gambar.
  • Ada 2 kotak yang mempunyai gambar sama. Gambar itulah yang akan dipasang-pasangkan.
  • Jika gambar yang dipasangkan tersebut tidak sama (salah), maka pada permainan akan dicatat sebagai satu kesalahan. Kesalahan tersebut dicatat pada kotak “total kesalahan”.
  • Jika gambar yang dipasangkan telah benar semua, maka pada kotak “nilai” akan diberi nilai 10. Dan permainan berakhir.
  • Jika user menekan tombol “acak” lagi, maka game pasangan gambar ini akan dimulai lagi dari awal. Namun, nilai yang muncul di kotak nilai adalah nilai hasil penjumlahan (akumulasi) dari nilai yang didapat sebelumnya.
  • Jika user ingin keluar dari permainan, user dapat kembali ke menu utama dengan menekan tombol “Menu Utama”. Setelah itu, barulah tekan tombol “keluar”.

Game ini sangat mudah dimainkan bukan?? Jika demikian… Saatnya mencoba…🙂

Game ini dirancang dengan menggunakan bahasa VB (Visual Basic) yang sangat cocok untuk membuat aplikasi berbasis GUI (Grafik User Interface).  Oleh sebab itu interface yang ditampilkan dalam game ini cukup menarik. Beberapa penggalan coding yang penting  dalam pembuatan permainan ini akan dijelaskan sebagai berikut:

Function acakGambar()

Dim i, indexGambar As Integer

Dim jmlGambar(3) As Integer

Dim namaGambar(3) As String

namaGambar(0) = “GbrA”

namaGambar(1) = “GbrB”

namaGambar(2) = “GbrC”

namaGambar(3) = “GbrD”

Randomize

For i = 0 To JML_KOLOM

Do

indexGambar = Int(4 * Rnd)

DoEvents

Loop Until (jmlGambar(indexGambar) < 2)

isiKolom(i) = namaGambar(indexGambar)

jmlGambar(indexGambar) = jmlGambar(indexGambar) + 1

Next i

End Function

Penggalan program diatas merupakan fungsi untuk mengacak gambar pada saat user memulai permainan dengan menekan tombol “acak”. Pada awalnya programer mendeklarasikan beberapa variabel local sebagai variabel bertipe integer (angka) dan string (huruf dan simbol). Setelah itu, mendekalarasikan gambar-gambar yang akan dipakai dalam permainan ini. Ada empat macam gambar. Untuk mengacak gambar, programer menggunakan perintah perulangan “For to”. Logikanya, gambar yang akan muncul berdasarkan perhitungan random untuk setiap kolomnya.

Function tutupSemuaGambar()

Dim i As Integer

For i = 0 To JML_KOLOM

Form1.picAreaGame(i).Cls

BitBlt Form1.picAreaGame(i).hDC, 0, 0, lebarGambar, tinggiGambar, Form1.picGbrBack.hDC, 0, 0, vbSrcCopy

Form1.picAreaGame(i).Refresh

Next i

End Function

Penggalan sintaks diatas adalah fungsi yang digunakan untuk menutup semua gambar, ketika gambar-gambar tersebut seesai diacak. Seperti biasa disini, kita mendeklarasikan variabel i sebagai variabel bertipe integer. Untuk menutup semua gambar, lebih mudah kita menggunakan perintah perulangan for. Logikanya, untuk gambar berindeks nol sampai indeks 7 (jumlah kolom), lakukan penghapusan picture area game.

Function apakahPasanganCocok()

Dim pilihanAwal, pilihanAkhir As String

pilihanAwal = isiKolom(indexKolomDipilih(0))

pilihanAkhir = isiKolom(indexKolomDipilih(1))

If (pilihanAwal <> pilihanAkhir) Then

Form1.TimerTutup.Interval = 500

Form1.TimerTutup.Enabled = True

Else

Call apakahSemuaGambarTerbuka

statusPilih = 1

End If

End Function

Yang terakhir adalah penggalan perintah fungsi untuk menentukan apakah pasangan gambar yang dipilih cocok atau tidak. Pertama, kita mendeklarasikan variabel pilihanAwal dan pilihanAkhir sebagai variabel bertipe string. Variabel pilihanAwal diberi nilai sama dengan isiKolom(indexKolomDipilih(0)). Sedangkan pilihanAkhir diberi nilai sama dengan  isiKolom(indexKolomDipilih(1)). Perintah kondisi “IF” digunakan untuk menentukan gambar yang dipilih cocok atau tidak. Jika gambar tidak cocok maka gambar akan menutup kembali. Namun jika gambar yang dipilih user benar, maka gambar akan terbuka.


Semoga game ini dapat membantu anak anda dalam bermain dan belajar…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: