wenyTHEpooh's Blog

Cara Install Ogre

Posted on: March 28, 2010

  • Install MnGW, seperti biasa (klik next-next)
  • Install Msys, akan keluar Comment Prompt sebagai berikut:


  • Install OgreSDK seperti biasa (klik next-next)
  • Setting Path Environtment Variabel. Caranya: Klik Control Panel ->  System -> Advanced – >Environment Variable
  • Pada System Variable, pilih “path” lalu klik edit, tambahkan c:\myss\1.0\bin;c:\mingw\bin.
  • Buka Eclipse.exe, lalu setting workspace (project kerja) kita ke  tempat yang diinginkan.
  • Klik menu window -> Preference -> C/C++ -> Environment. Klik Add, tuliskan: Name: OgreSDK- Value : C:\OgreSDK. Seperti gambar dibawah ini:


  • Buat project, dengan cara klik Menu New -> C++ Project
  • Tuliskan nama project sesuai yang kita inginkan. Uncheck pilihan “Show properties…“. Pada “Toolcahins”, pilih MinGW GCC. Setelah itu, klik Finish.
  • Pada Project Explorer, klik kanan, pilih Properties -> C/C++ Build ® Settings
  • Pada Configuration, terdapat pilihan “Debug” dan ”Release”. Jika kita memilih “Debug” artinya, kita memilih “Debug” sebagai konfigurasi yang sedang aktif.
  • Pilih GCC C++ Compiler. GCC C++ Compiler memiliki sub folder- sub folder, yaitu, Preprocessor, Directories, dan Miscellaneous. Tuliskan setting dibawah ini sesuai dengan sub folder dan Configurationnya:


  • Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah ini:
  • Pada Preprocessor:

  • Pada Directories
  • Agar project bisa dijalankan, maka tambahkan “${OGRE_HOME}\samples\include” pada Directories, seperti dibawah ini:

  • Pada Miscellaneous

  • Jika telah selesai, setting lagi di GCC C++ Linker. Caranya: Pilih GCC C++ Linker. GCC C++ Linker memiliki sub folder- sub folder, yaitu, Libraries dan Miscellaneous. Tuliskan setting dibawah ini sesuai dengan sub folder dan Configurationnya:

  • Setelah itu, buat file baru dengan cara klik Menu File -> New -> Source File.
  • Copy coding yang ada pada file Lat.3 kedalam file project kita.
  • Copy isi folder Debug yang ada di folder C:\OgreSDK\Bin\Debug kedalam folder Debug yang ada pada folder Workspace yang  telah kita buat tadi.
  • Copy file d3dx9d.dll kedalam folder Debug di Workspace.
  • Buka file Resource.cfg, replace (ganti) coding “…/…/” dengan “C:/OgreSDK”
  • Save project yang telah kita buat.
  • Klik Menu “Project” -> “Build All”.
  • Buka Folder Debug pada Workspace kita, lalu jalankan file.exe dari project kita. Pilih “Direct3D9 Rendering Subsystem”. Klik OK.
  • Maka akan tampil output seperti dibawah ini:


Untuk coding lat.3 adalah sebagai berikut:


#include “ExampleApplication.h”

class Tutorial : public ExampleApplication
{
protected:
public:
Tutorial()
{
}

~Tutorial()
{
}
protected:
void createScene(void)
{
mSceneMgr->setAmbientLight( ColourValue( 1, 1, 1 ) );
Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity( “Robot”, “robot.mesh” );
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode( “RobotNode” );
node1->attachObject( ent1 );
node1->translate( Vector3( 10, 0, 10 ) );

Entity *ent2 = mSceneMgr->createEntity( “Robot2”, “robot.mesh” );
SceneNode *node2 = node1->createChildSceneNode( “RobotNode2”,  Vector3(0, 0, 0 ) );
node2->attachObject( ent2 );
node2->translate( Vector3( 50, 0, 10 ) );
}
};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include “windows.h”

INT WINAPI WinMain( HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT )
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
// Create application object
Tutorial app;

try {
app.go();
} catch( Exception& e ) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
MessageBox( NULL, e.what(), “An exception has occurred!”, MB_OK |

MB_ICONERROR | MB_TASKMODAL);
#else
fprintf(stderr, “An exception has occurred: %s\n”,
e.what());
#endif
}

return 0;
}


Sekian… jika ada yang kurang jelas, coment aja yah.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: