wenyTHEpooh's Blog

Teknologi Game 3D Menggunakan RealD

Posted on: February 28, 2010

Salam hangat gamers mania🙂

Saat ini, game-game dengan teknologi 3D banyak bermunculan, baik yang dimainkan secara offline maupun online. Game 3D banyak digemari oleh para gamer karena game yang mulai bermunculan pada tahun 2000-an ini sangat interaktif. Ketika memainkan game 3D, gamers seolah-olah diajak masuk ke dunia game secara langsung. Malahan, jika kita memiliki peralatan permainan tambahan, seperti alat untuk melacak gerakan kepala ataupun alat untuk mengatur kamera secara otomatis, kita dapat memainkan game 3D yang lebih fantastis, sehingga kita dapat berinteraksi dengan game secara visual maupun fisik.

Tidak seperti Game 2D yang hanya memiliki dua sisi (sumbu x dan y), game 3D mempunyai  3 sisi (sumbu x, y, dan z) jika dilihat berdasarkan ruangnya. Jadi, game 3D memang mirip seperti keadaan manusia di dunia nyata. Kita dapat melihat suatu objek dari berbagai sisi, dari tampak depan, atas, belakang, samping dan lain-lain. Contoh dari game 3D seperti:

The Sims 3 High End Loft Stuff

FIFA Soccer 10

dan yang saat ini banyak dimainkan oleh gamers remaja seperti:

Ayo Dance

Dota Game

Pembuatan Game 3D mengusung teknologi RealD. Teknologi RealD dapat menciptakan nuansa permainan 3D yang sangat realistis dimana gamer bisa merasa seperti sedang masuk ke dalam game dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang telah dibuat dalam 3D. Generasi baru dari game yang diperkuat dengan teknologi 3D dari RealD ini akan benar-benar menggambarkan apa yang ada di layar seperti halnya saat kita melihat dan berinteraksi dengan sesuatu yang ada di dunia kita.

RealD memiliki teknologi 3D terbaik yang ada di dunia . Teknologi RealD didesain secara khusus untuk menyelesaikan masalah yang ada pada teknologi game 3D yang ada sekarang ini, termasuk juga pada penciptaan persepsi dari sudut pandang dan membuang semua latar belakang yang terlihat seperti gambar 2D. RealD dapat memberikan nuansa permainan 3D yang benar-benar nyata.

Beberapa perusahaan pembuat game sudah banyak yang menggunakan teknologi RealD untuk pembuatan game 3D-nya. Salah satu diantaranya adalah Namco Bandai. Perusahaan ini mengatakan bahwa teknologi RealD ini akan diimplementasikan pada game yang sampai sekarang masih dirahasiakan dan sampai sekarang juga masih belum ada tanggal rilis yang pasti untuk diumumkan.

Selain untuk pembuatan game, RealD juga digunakan untuk pembuatan film. Hal ini merupakan sebuah era baru dalam dunia film. Dengan kemampuan RaelD, para pembuat film dapat membawa para penonton ke sebuah dunia lain dan membawa mereka lebih dalam lagi ke dalam cerita. Terbukti dengan suksesnya film Avatar yang baru-baru ini ditayangkan di bioskop, karena film ini sesungguhnya menggunakan teknologi RealD dalam pembuatannya.

Avatar, Film yang Menggunakan RealD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: