wenyTHEpooh's Blog

Review Film The Matrix 1

Posted on: February 20, 2010

-Percaya yang Tidak Dipercayai-

The Matrix

Film ini mengusung teknologi yang muktahir pada akhir tahun 1999. Film ini menceritakan teknologi dimana manusia bisa berinteraksi dengan komputer secara langsung. The matrix merupakan dunia virtual yang diciptakan dari program-program dalam komputer. Manusia bisa memasuki dunia virtual itu dengan menyatukan pikirannya dengan program komputer. Dunia virtual, selayaknya dunia nyata yang kita tinggali. Di dunia virtual, kita bisa melakukan apa saja yang kita mau sesuai dengan program komputer yang diatur. Kita bisa berinteraksi dengan orang lain yang juga menyambungkan pikirannya dengan program komputer.

Manusia menciptakan dunia virtual ini untuk mencukupi kehidupannya dimasa depan, karena dimasa depan dunia nyata yang ditinggali akan berubah 180 derajat. Robot yang tadinya diciptakan manusia malah berbalik menjadikan manusia sebagai budak. Manusia diubah fungsinya menjadi baterai bagi mereka.


Pembuatan film The Matrix ini menggunakan teknologi yang cukup canggih pada tahun tersebut. Ada beberapa adegan yang cukup rumit, seperti adegan slow motion yang dilakukan oleh Neo (Keanu Reeves) saat diserang dengan tembakan oleh musuhnya. Adegan ini menggunakan software Movie Maker, sehingga terbentuk gerakan yang diperlambat. Film ini juga menggunakan software 3D animation untuk pembuatan para robot dimasa mendatang. Untuk pembuatan dunia virtual di dalam komputer, film ini menggunakan software simulasi komputer yang digabungkan dengan beberapa trik kamera. Trik kamera juga digunakan saat Trinity (Carrie-Anne Moss) sedang berkelahi dengan para agen Smith, agen tersebut seolah-olah melesat jauh ketika terkena tendangan Trinity. Sebenarnya pemeran agen itu menggunakan tali tipis yang diikatkan ke tubuhnya, sehingga ia bisa melayang jauh. Dengan trik kamera, tali itu tidak terlihat.

Jadi, “percaya yang tidak dipercayai”, maksudnya adalah percaya pada dunia virtual yang secara nyata bisa dimasuki manusia. Apakah anda percaya? Sekarang mungkin kita tidak percaya akan hal itu, namun tidak menutup kemungkinan dunia The Matrix ini bisa terbentuk dimasa mendatang dengan semakin berkembangnya teknologi. Teknologi semakin lama semakin mencengangkan, hal yang kita tidak bayangkan sebelumnya bisa terwujud begitu saja dengan adanya teknologi, khususnya komputer. Jadi, jangan kaget ya bila dunia The Matrix ini benar-benar ada suatu saat nanti😉.

2 Responses to "Review Film The Matrix 1"

waahhahaa….
dah lama banget ni pilem
ahahhaaa

iya nih.. tp ditonton lg jg msh seru lho.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: