wenyTHEpooh's Blog

Dibalik Kemegahan Gedung-gedung di Jakarta

Posted on: January 14, 2010

Assalamualaikum sobat kampus…

Artikel yang saya buat ini menceritakan sekelumit keadaan dibalik keindahan dan kemewahan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Bagi sobat kampus yang sering melewati daerah Ibu Kota Indonesia ini, pastinya sudah terbiasa dengan pemandangan gedung-gedung mewah di pinggir jalan-jalan yang membentang di Jakarta. Gedung-gedung ini selain digunakan untuk perkantoran juga didesain dengan berbagai bentuk yang menarik, sehingga menimbulkan essensi seni yang bagus untuk dilihat.

Sobat, saya bersama teman-teman saya mencoba melihat-lihat gedung-gedung nan megah itu. Kami lalu berjalan-jalan di sekitar daerah Jl. Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan. Disana terdapat gedung-gedung untuk perkatoran, gedung Kedutaan Besar dari berbagai negara dan juga gedung KPK. Nah, seperti ini nih pemandangan gedung-gedung di daerah tersebut, jika dilihat dari atas:

Kemegahan Gedung-gedung Jakarta

Pemandangan Gedung-gedung di Jakarta

Foto diatas, saya ambil dari salah satu atap gedung yang berada di daerah Gatot Sobroto. Tampak dari atas, kita semua disuguhi pemandangan yang sangat menawan. Gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ini berdiri dengan gagah. Gedung-gedung disini kebanyakan berlantai lebih dari 20 lantai dengan berbagai arsitektur beton.

Tampak Depan Gedung

Saya dan teman-teman lalu beralih untuk berjalan-jalan ke depan salah satu gedung di daerah tersebut, Nah potretnya seperti diatas ini. Dari depan, gedung ini sangatlah indah, mewah, bersih dan bagus. Namun, tahukah kau sobat kampus jika kita berjalan-jalan  ke  sisi belakangnya?  banyak keganjalan terjadi. Gedung yang indah itu ternyata mempunyai sisi kelam di bagian belakangnya (hehe.. kaya film horor ajah… :p).

Kami mencoba menggali sisi lain dari kemewahan gedung-gedung ini. Saat kami berjalan-jalan ke daerah sisi belakang gedung, pemandangan inilah yang kami lihat:

Tampak Belakang Gedung

Pemukiman Kumuh

Sampah yang Menumpuk di Sekitar Kali

Sobat kampus mungkin selama ini tidak tahu keadaan yang terjadi di belakang gedung-gedung mewah yang ada di Jakarta. Saat kami berjalan-jalan disana, kami menemukan lingkungan kumuh yang sangat memprihatinkan. Rumah-rumah dibangun tepat disamping kali dengan sampah-sampah yang bertumpukan disekitarnya.

Penduduk yang bermukim disini, banyak yang menggatungkan hidupnya dengan menjadi pemulung. Saya berhasil mewawancarai dan mengajukan beberapa pertanyaan menyangkut keadaan disini kepada salah satu penduduk tersebut. Pak Maizul, salah satu penduduk yang menggantungkan hidupnya dengan menjadi tukang sampah sekaligus pemulung, mengaku telah tinggal didaerah ini kurang lebih 10 tahun. Pendapatan yang diperoleh Pak Maizul tidaklah seberapa, untuk ongkos memulung dan mengambil sampah ia hanya dibayar kurang lebih Rp 20.000 per hari.

Pak Maizul, Warga Pemukiman Kumuh

Menurutnya, pemukiman disini sudah lama terbentuk, bahkan sebelum gedung-gedung mewah itu dibangun.

Saya menanyakan kepadanya, “Apakah pemerintah tidak mencegah pemukiman kumuh ini berada di tengah-tengah gedung mewah itu?”

Ia menjawab, “Tidak ada pencegahan atau peraturan sejenis yang tidak memperbolehkan kita untuk terus tinggal disini”

“Karena kami sebenarnya juga dianggap tidak mengganggu”, tambahnya.

Sobat kampus, saya sebagai  mahasiswi dan pemerhati lingkungan, sangat prihatin dengan keadaan disini. Betapa tidak, di tengah-tengah jantung ibu kota Negara kita yang banyak berdiri gedung-gedung nan megah dan mewah masih banyak terdapat warga yang hidupnya serba kekurangan. Selain itu mereka juga hidup dilingkungan yang kumuh, dekat dengan kali dan sampah. Tentunya keadaan ini membuat mereka rentan terkena penyakit.

Melihat kondisi disini, tergerak pikiran saya untuk bertanya, “Kenapa bapak terus bertahan di daerah ini?”

Jawab Pak Maizul simpel dan langsung menunjuk ke tujuan, “kalau tidak begini bagaimana saya dapat makan dan bisa hidup?”

Mendengar pernyataannya itu, hati saya langsung mencelos.

Sobat kampus, lihatlah perbedaan pada gambar dibawah ini:

Keironisan Pemandangan Gedung Jakarta

Sungguh ironis bukan?? 😦 Tampak depan gedung ini begitu bersih dan indah, namun jika kita menilik ke bagian belakang gedung, terlihat jelas ketidaknyamanan pandangan kita. Tumpukan sampah dan pemukiman kumuh yang tidak beraturan menghiasi daerah belakang gedung ini.  Sungguh gradasi yang sangat menakjubkan. Inilah kehidupan dibalik  kemegahan gedung-gedung itu.

Pemerintah dan pejabat perkantoran yang bekerja di gedung-gedung mewah ini pastilah mengetahui keadaan disini. Tapi, tidak ada yang mereka lakukan selain membiarkannya. Mata pencarian mereka disana dan mata pencarian kami disini.

Menyangkut tata kota Jakarta akan masalah ini, menurut saya memang tata kota Jakarta harus banyak dibenahi lagi. Tidak pantas rasanya ditengah-tengah lingkungan yang mewah terdapat lingkungan kumuh yang sangat memprihatinkan. Pemerintah tidak harus menggusurnya, namun adakan perbaikan di daerah kumuh tersebut supaya terbentuk daerah yang lebih bersih dan nyaman. Atau jika memang harus digusur untuk membenahi lingkungan yang mewah ini, pemerintah diharuskan membangun tempat baru untuk kehidupan warga di daerah kumuh ini. Jangan hanya menggusur dan mempersulit keadaan mereka.

Kemiskinan memang sudah melekat di negara kita. Bahkan di Ibu Kota negara kita sekalipun. Banyak orang yang mengadu nasib disini. Mereka yang mempunyai kemampuan dan keberuntungan akan berhasil namun yang tidak sanggup bersaing malah akan menjadi gelandangan😦.

Sobat kampus, coba bukalah mata kalian dan lihat lingkungan sekitar kita, masih banyak yang mungkin tidak seberuntung kita. Kemiskinan mengerogoti mereka. Bantulah para saudara kita yang tidak seberuntung kita. Dan jangan lupa untuk selalu berusaha, belajar dengan tekun dan berdoa untuk menolong bangsa kita dari kemiskinan dan keterpurukan. Hanya kita, generasi muda yang harus meneruskan perjuangan bangsa kita, tanah air kita tercinta, Indonesia🙂.

Semoga artikel ini dapat berguna dan menggugah hati kalian, para sobat kampus dan semua orang. Terima kasih telah membaca. Bukakan pintu maafnya jika terdapat kesalahan pada tulisan saya. Sesungguhnya manusia penuh dengan kekurangan dan hanya Tuhanlah yang sempurna.

Wassalamualaikum sobat kampus..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: