wenyTHEpooh's Blog

Robot Pintar Membantu Pekerjaan Manusia

Posted on: January 10, 2010

Pengembangan robot tak hanya menantang bagi para peneliti dengan berbagai maksud pengembangannya. Bagi orang awam, robot adalah produk teknologi yang banyak dicari dan dimanfaatkan.

Tahun 2004 lalu, survei tahunan robotika dunia yang digelar PBB menyebutkan, penggunaan robot untuk keperluan rumah tangga dan perkantoran mencapai tujuh kali lipat pada tahun 2007.

Jenis-jenis robot itu, di antaranya, pemotong rumput, pengisap debu, dan pembersih jendela. Akhir tahun 2003, tercatat 607.000 alat bantu otomatis digunakan di tingkat rumah tangga. Jumlah itu baru 2/3 dari total alat bantu pada tahun itu.

Akhir tahun 2007, jumlah tersebut meningkat menjadi 4,1 juta. Pengisap debu menduduki peringkat pertama alat yang dipakai, diikuti lonjakan pesat permintaan robot pembersih jendela dan pembersih kolam.

Di bidang robot mainan, robot anjing AIBO buatan Sony juga sangat diminati konsumen. Sebuah studi mencatat, setidaknya ada 692.000 robot penghibur (entertainment robots) di seluruh dunia.

Secara perlahan tetapi pasti, robot mulai menggantikan peran manusia. Dari yang sebelumnya berfungsi di bawah kendali langsung penggunanya, robot beranjak berubah: bekerja mandiri pascapemrograman dengan komputer.

Di perusahaan-perusahaan besar, robot menggantikan tugas manusia, seperti di bidang perakitan produk. Kini, diperkirakan ada 21.000 jenis robot telah digunakan industri (service robot) untuk berbagai tugas, seperti memerah susu sapi, menangani limbah berbahaya dan beracun, hingga membantu mengoperasikan bioskop.

Menurut sebuah studi, akhir dekade ini, robot tak hanya membersihkan lantai, memotong rumput, dan menjaga rumah, tetapi juga membantu golongan lanjut usia dan kaum cacat. Robot juga membedah, menjinakkan bom, memadamkan api, dan memeriksa lokasi yang membahayakan manusia. Kemajuan teknologi memungkinkan robot-robot melakukan banyak hal yang tak terbayangkan sebelumnya.

Contoh-contoh robot yang digunakan untuk membantu manusia diantaranya:

Robot Pembantu Rumah Tangga di Jepang

Robot asisten dapat membawakan baki makanan

Jika Anda membutuhkan asisten 24 jam untuk membersihkan rumah, kini Universitas Jepang sedang mengembangkan sebuah robot untuk mewujudkan impian tersebut. Sebuah robot bernama AR (Assisten Robot), memiliki kecerdasan hasil teknologi tinggi, yakni dapat melihat objek dalam 3 dimensi.

Ia dapat menyiapkan makan pagi di tempat tidur, cocok untuk melayani para manula. Ia juga dapat mengepel dan memasukkan baju ke mesin cuci, serta membersihkan dapur.

Robot asisten dapat membawa baki ke dapur


Isao Shimoyama, pakar robot dari Universitas Tokyo berkata, “Ini adalah peluncuran pertama robot yang dapat membantu pekerjaan rumah dalam era saat ini, dimana populasi penduduk usia lanjut lebih banyak dibandingkan yang berusia muda. Kami bisa tunjukkan kepada orang-orang bahwa kami bisa melakukannya.”

Robot asisten dapat memasukkan baju ke mesin cuci


Tetapi robot ini belum bisa dibeli. Pusat penelitian mengatakan perlu satu atau dua dekade lagi agar bisa memproduksi robot 1,5 meter ini secara masal.

Robot asisten dapat membersihkan lantai


Robot Pembantu Rumah Tangga di Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: